Interior Kantor Kekinian yang Mampu Tingkatkan Produktivitas Kerja

Interior Kantor Kekinian yang Mampu Tingkatkan Produktivitas Kerja

Ruang kantor yang asal-asalan bisa membuat suasana kerja menjadi kurang nyaman. Karena itulah, dibutuhkan interior kantor yang memadai guna bisa meningkatkan produktivitas kerja bagi siapapun yang bekerja di dalamnya, termasuk kamu tentunya. 

Sama seperti rumah, interior kantor bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penghuninya. Sebagai contoh, interior kantor bagi pekerja di bidang akademis dapat sangat berbeda dengan interior kantor bagi pekerja di bidang kreatif. Tidak hanya itu, interior kantor juga sangat dipengaruhi dengan kondisi tempatnya berada. Desain interior kantor pada di Jakarta sangat mungkin berbeda dengan interior kantor yang diimpikan oleh para pekerja di Jogjakarta maupun Bandung. 

Walapun sangat mudah dipengaruhi oleh bidang kerja dan lokasi tempatnya berada, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki acuan terkait interior kantor yang mumpuni meningkatkan produktivitas kerja. Berikut ini adalah beberapa model interior kantor masa kini yang bisa menjadi inspirasi.

Gaya Industrial 

via Unsplash

Suasana kantor yang terlalu tegang dan tampak sumpek bisa membuatmu jenuh untuk bekerja di dalamnya. Alhasil, produktivitas kerja menjadi menurun. Interior kantor bergaya industrial bisa menjadi penyalamat bagimu yang menginginkan ruangan kantor yang terlihat lega dan bebas. 

Seperti desain industrial pada umumnya, gaya industrial pada interior kantor mengacu pada penggunaan campuran material mentah di bagian-bagian penting ruangan. Contohnya, tiang penopang yang tidak diplester ataupun tembok bata yang tidak diplester maupun dicat. Keunikan lainnya dalam gaya interior ini adalah langit-langit ruangan yang tinggi sehingga membuat ruangan lebih terasa lega. 

Gaya Minimalis 

via Dezeen

Interior kantor bergaya minimalis nyatanya mampu membuat semangat kerja orang-orang di dalamnya terpacu. Alasannya, desain minimalis menampilkan suasana simpel sehingga ketika berada di dalamnya, kamu tidak akan dipusingkan dengan suasana ruangan yang tampak ribet. Kamu pun akan lebih berfolkus pada pekerjaan. 

Kekhasan interior kantor bergaya minimalis adalah minimnya permainan warna pada dinding maupun furnitur yang ada di dalamnya. Warna-warna yang biasa menghiasi ruang kantor bergaya minimalis, misalnya putih, abu-abu, serta krem. Penggunaan furnitur pun dibuat seefisien mungkin dengan hanya menampilkan perabot-perabot berdaya guna tinggi, seperti meja, kursi, hingga almari yang berdesain sederhana. 

Gaya Bohemian 

via wpengine

Kamu akan merasa betah dan selalu bersemangat ketika interior kantormu bergaya bohemian. Pasalnya, desain yang satu ini sangat memanjakan mata dengan penggunaan warna-warna yang lembut serta model furnitur-furnitur cukup unik. 

Interior kantor bergaya bohemian pun sangat cocok bagi kamu yang memang bekerja di industri kreatif. Interior ruangan yang menarik serta berbagai model furnitur yang berkesan bergaya seenaknya menampilkan kesan bebas yang bisa memacu otakmu untuk mengalirkan ide-ide baru yang belum pernah ada sebelumnya. 

Gaya Retro 

via Future is Architecture

Gaya lama belum tentu tidak kekinian. Nyatanya, interior kantor bergaya retro kini kembali diminati. Tidak hanya mampu menampilkan ruangan yang terlihat ceria dan bersemangat, interior bergaya retro nyatanya mampu memengaruhi kerja otak guna bisa berfungsi lebih produktif. 

Ciri khas dari interior ruangan bergaya retro adalah penggunaan warna-warna yang mencolok pada dinding, seperti warna oranye, merah, maupun biru stabilo. Dinding ruangan yang cerah tersebut dipadupadankan dengan furnitur bergaya arsitistik bahkan klasik berwarna cokelat maupun putih. Tidak lupa, pada ruangan bergaya retro, tampilan dekorasi maupun hiasan penunjang perlu ditambahkan agak banyak untuk membuat suasana terasa lebih nyaman. 

Gaya Coastal 

via Modsey

Apa yang bisa membuat semangat dan produktivitas kerja meningkat drastis dalam waktu singkat? Jawabannya adalah liburan! Ya, liburan memang mampu menghadirkan kembali semangat pekerja sehingga produktivitas pun menjadi tinggi. Namun, menjadi sangat sulit jika mengharapkan liburan terus-menerus tiap hari, bukan? Menjadi lebih realistis jika kamu membuat interior kantor yang mendukung hasrat liburanmu. 

Interior kantor bergaya coastal mampu menjawab keinginanmu untuk berada di suasana berlibur, walaupun sebenarnya kamu tengah bekerja. Gaya interior kekinian yang satu ini memiliki ciri khas penggunaan warna dan furnitur yang identik dengan suasana pantai. Warna-warna seperti biru laut, hijau, putih, dan cokelat biasanya mendominasi ruangan yang menerapkan konsep. Tidak luput pula hiasan-hiasan bertema pantai di interior ini sehingga membuatmu semakin nyaman berlama-lama di ruangan kerja. 

*** 

Ruangan kantor yang lebih fleksibel dan mampu membuatmu nyaman berada di dalamnya adalah ruangan yang cocok untuk bekerja karena mampu meningkatkan produktivitas. Penggunaan interior kantor yang tepat pun perlu dpikirkan secara matang guna bisa menghadirkan rasa nyaman tersebut. Nah dari lima pilihan interior kantor kekinian di atas, kira-kira mana yang paling cocok untuk pribadimu dan rekan-rekan kerjamu?

Tinggalkan Balasan