5 Tips Desain Nyaman Buat Kamar Tidur Anak di Ruang Sempit

5 Tips Desain Nyaman Buat Kamar Tidur Anak di Ruang Sempit

Melihat anak betah berlama-lama di rumah tentu amat menyenangkan karena kamu bisa terus memantau perkembangannya. Tak bisa ditampik soal kebetahan anak di rumah, kamar tidur anak memegang peranan penting di dalamnya. Semakin nyaman kamar anak, semakin betah pula ia berlama-lama tinggal di rumah. Bahkan jika ingin berkumpul dengan teman-temannya, ia tidak sungkan mengajak mereka untuk bermain di rumah saja.

Hanya saja, membangun kamar anak yang nyaman tidak semudah membalikkan telapak tangan bagi sebagian hunian, apalagi buat kamu yang memiliki rumah minimalis dengan luas ruangan terbatas. Pandangan banyak orang, rumah minimalis kecil yang umumnya ada di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Yogyakarta, kerap kesulitan menghadirkan kamar anak yang luas untuk si anak bisa mengeksplorasi berbagai kegiatannya.

Padahal sebenarnya dengan beberapa trik desain interior rumah, kamar anak yang nyaman bahkan bisa dibuat di ruangan rumah minimalis yang sangat terbatas. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu contoh untuk membuat kamar tidur anak tanpa harus memiliki ruangan luas. Dijamin anak akan betah berlama-lama di kamarnya, mulai dari tidur sampai berkumpul bersama teman-temannya.

Warna Terang dan Senada

Description: https://www.architectureartdesigns.com/wp-content/uploads/2018/01/16-Minimalist-Modern-Kids-Room-Designs-That-Are-Anything-But-Bare-11.jpg
source : Architecture Design

Hal yang bisa kamu lakukan pertama kali untuk membuat kamar tidur anak agar terasa nyaman, meskipun luasnya kecil, adalah bermain dari sisi warna. Catlah kamar anak minimalis yang hendak kamu buat dengan warna-warna terang. Warna terang secara tak langsung akan memberikan efek lebih lapang pada sebuah ruangan, tidak terkecuali untuk kamar anak minimalis yang sedang kamu persiapkan.

Untuk menghadirkan suasana lebih rileks dan ceria, kamu tidak perlu terpaku mengecat kamar hanya dengan satu warna. Campuran beberapa warna sangat diizinkan. Namun mesti diingat, upayakan warna-warna cat pada dinding maupun perabot tidak saling bertabrakan sehingga menimbulkan batas yang membuat ruangan terasa sempit. Pilihlah warna-warna senada dengan gradasi yang tidak terlalu mencolok.

Rancang Ranjang Multifungsi

source : Jogja Interior

Tempat tidur menjadi hal mutlak dalam sebuah kamar. Menjadi keharusan juga bagimu mencari ide menghadirkan tempat tidur yang seefisen dan seefektif mungkin untuk menyiasati kamar anak yang sempit. Contohnya, coba hadirkan ranjang multifungsi yang tidak hanya menjadi tempat untuk menaruh kasur, namun juga memiliki bagian lain untuk penyimpanan. Contohnya, kamu bisa memilih ranjang yang bagian bawahnya terdapat laci-laci untuk menyimpan mainan dan buku.

Namun, memang tidak mudah menemukan ranjang multifungsi yang sesuai keinginan jika langsung membeli produk yang sudah beredar di pasar. Merancang sendiri atau memesan ranjang custom kepada interior designer, seperti Jogja Interior, bisa menjadi opsi yang pas.

Pertimbangkan Lemari Tanam

Description: https://1.bp.blogspot.com/-Gw5KEMY0mxA/XZDiqERN-2I/AAAAAAAAiPQ/EoVDXJ91Hw8iU4UfPK0AD1WwRz5IbWWtwCLcBGAsYHQ/s1600/kids-closet-organization-10.jpg
source : bp

Siasat lagi yang bisa kamu pilih untuk memberi efek lebih lapang bagi kamar tidur anak, meskipun luasnya sangat terbatas, adalah dengan memasang lemari tanam. Lemari tanam pada kamar anak memberikan kesan rata pada dinding sehingga menghilangkan efek sekat yang kerap membuat rumah minimalis tampak lebih sempit.

Memasang lemari tanam untuk penyimpanan baju dan barang-barang lain di kamar anak juga menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang tidak ingin sebentar-sebentar mengganti lemari. Kalaupun ingin melakukan perombakan kamar, desain lemari tanam tidak perlu diubah secara keseluruhan, melainkan hanya perlu di bagian muka.

Taruh Perabot Menempel Dinding

Description: https://i0.wp.com/www.coodecor.com/wp-content/uploads/2019/04/Minimalist-Bedroom-Decorating-Ideas-For-Small-Spaces-37.jpg?fit=1024%2C731&ssl=1
source : i0

Kamar anak minimalis yang nyaman adalah kamar yang mampu menyediakan ruang bagi si anak untuk tidak sekadar beristirahat, melainkan juga untuk bermain. Untuk itu, dibutuhkan ruang terbuka di dalam kamar agar anak bisa beraktivitas tidak hanya di tempat tidur. Di kamar dengan ukuran sempit, ruang terbuka tersebut dapat dengan mudah kamu hadirkan di tengah-tengah ruangan kamar.

Cara menghadirkannya pun simpel. Kamu cukup menempatkan perabot-perabot utama menempel di dinding. Mulai dari tempat tidur sampai dengan meja belajar anak, taruh semua perabot tersebut di bagian sudut. Alhasil, trik ini bisa menghadirkan ruang bebas di bagian tengah sehingga bisa dimanfaatkan oleh anak untuk berbagai aktivitasnya.

Maksimalkan Penggunaan Cermin

Description: https://cdn11.bigcommerce.com/s-b3c41/images/stencil/1280x1280/products/500/1431/Football_Mungai_Mirror__61267.1281905955.jpg?c=2&imbypass=on
source : cdn11

Trik ajaib yang satu ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya untuk menciptakan rumah minimalis yang terasa lapang, walau dengan luas ruangan terbatas. Ya, dengan memasang banyak cermin besar di dalam ruangan, akan ada efek perluasan ruangan yang merupakan ilusi mata. Cara ini juga bisa kamu praktikkan untuk membuat kamar tidur anak lebih terasa luas dan nyaman.

Namun harus diingat, ketika meaksimalkanlah penggunaan cermin di kamar tidur, kamu juga mesti memperhatikan estetikanya. Beberapa titik untuk menaruh cermin besar di kamar, salah satunya pada lemari ataupun dinding lapang yang berseberangan dengan tempat tidur.

***

Tidak sulit bukan membuat kamar tidur anak yang nyaman di rumah minimalis yang cukup sempit? Karena soal kenyamanan, bukanlah dilihat dari seberapa luas ruangan yang bisa terpakai. Lebih daripada itu, nyaman tidaknya ruangan khususnya kamar tidur, sangat ditentukan dari seberapa cerdas dan cerdik kamu membuat interior desainnya.

Tinggalkan Balasan