Betah Bersantai di Ruang Keluarga dengan 6 Pilihan Ini

Betah Bersantai di Ruang Keluarga dengan 6 Pilihan Ini

Ruang keluarga diharapkan menjadi tempat terhangat dalam sebuah hunian, di mana kamu dapat saling bertukar cerita dan canda antar anggota keluarga. Karena itu, penataan ruang keluarga yang tepat amat perlu dipertimbangkan agar kamu dan keluarga makin betah berlama-lama mengobrol dan bersantai di ruang tersebut.

Desain ruang keluarga minimalis sebenarnya sangat cocok buat kamu yang mengidamkan ruang keluarga yang hangat dan terasa nyaman. Model ruang keluarga minimalis juga sangat cocok ditetapkan di rumah-rumah minimalis dengan ruangan terbatas yang banyak ditemukan di kota besar, seperti Jakarta, Yogyakarta, maupun Surabaya.

Membuat desain interior dengan nuansa minimalis di ruang keluarga pun sebenarnya bukan perkara sulit. Dengan pilihan yang tepat terkait furnitur maupun ornamen, kamu bisa mendapatkan ruang keluarga minimalis seusai impiannya: lega, nyaman, tentunya juga keren. Berikut ini adalah beberapa pilihan yang mesti ada dalam ruang istimewa di rumah minimalis milikmu untuk bersantai bersama keluarga.

Sofa Senyaman Kasur

Ruang keluarga Jogja Interior
source : Pixabay

Furnitur yang satu ini wajib kamu hadirkan di ruang keluarga minimalis. Percaya atau tidak, semakin nyaman sofa yang ada di ruang keluarga akan menentukan seberapa lama kamu dan anggota keluarga lainnya akan betah bersantai dan berbincang di sana.

Pilihlah sofa dengan tingkat keempukan senyaman kasur. Ukuran dan bentuk sofa sebaiknya tidak luput dari pertimbangan. Baiknya pilih sofa berkapasitas cukup besar, namun tanpa ornament yang kaku. Carilah bentuk sofa yang memudahkan antarkeluarga berinteraksi, misalnya sofa berbentuk letter L.

Karpet yang Semakin Menghangatkan

Ruang keluarga Jogja Interior
source : Dwell

Ketika bersantai bersama, pasti ada kecenderungan kamu atau anggota keluarga yang lain memilih tempat duduk di mana saja. Jika sofa tidak cukup untuk menampung atau dirasa terlalu sempit, duduk berselonjor di lantai pun menjadi pilihan yang tetap menyenangkan.

Karena itu, di ruang keluarga minimalis yang hendak kamu ciptakan, jangan lupa furnitur penunjang yang bisa menjadikan lantai lebih terasa hangat. Karpet dengan warna senada atau bahkan sekalian bertabrakan dengan warna sofa bisa menjadi opsi yang pas. Dengan adanya karpet di ruang keluarga, kamu bisa-bisa lebih betah duduk berselonjor di lantai daripada duduk manis di sofa. Pilih mana?

Meja Informal

Ruang keluarga Jogja Interior
source : Pixabay

Kurang lengkap rasanya jika tidak ada meja di ruang keluarga. Dengan keberadaan meja, ruang keluarga minimalismu akan terlihat lebih rapi. Ini karena berbagai teman pelengkap obrolan, seperti camilan dan minum, bisa tertata teratur di atas meja.

Akan tetapi, jangan sembarangan memilih meja. Untuk ruang keluarga di rumah minimalis, baiknya kamu memilih meja yang tidak berkaki untuk menampilkan kesan santai dan hangat. Pilihlah pula meja yang tidak terlalu tinggi. Tujuannya agar kamu atau anggota keluarga yang sedang ikut bersantai di lantai di ruangan tersebut dapat menjangkau barang-barang di atas meja dengan lebih mudah.

Bantal-bantal Pelengkap Semarak

Ruang keluarga Jogja Interior
source : Pixabay

Supaya suasana ruang keluarga minimalismu semakin semarak, kamu bisa menambahkan bantal-bantal pelangkap di seputaran sofa maupun karpet. Keberadaan bantal-bantal tersebut akan meningkatkan rasa nyaman yang telah tercipta.

Pemilihan bantal untuk ruang keluarga baiknya mempertimbangkan ukuran. Jangan memilih yang terlalu keci. Bantal dengan ukuran yang sedikit besar justru akan terasa lebih membuat nyaman. Warna bantal tidak melulu harus disenadakan dengan warna dasar desain interior di ruang keluarga minimalis. Memilih bantal dengan warna-warna lebih beragam justru akan menghadirkan efek keceriaan yang menyenangkan.

Hiasan Personal Keluarga

Ruang keluarga Jogja Interior
source : Garis Buku

Supaya ruang keluarga di rumah minimalismu semakin menampakkan aura yang hangat, jangan lupa tambahkan hiasan personal di beberapa sudut ruangan. Hiasan personal tersebut bisa berupa foto keluarga, karya seni buatan anggota keluarga, atau ornamen-ornaman yang identik dengan kebiasaan keluargamu.

Keberadaan hiasan-hiasan tersebut akan membuat suasana ruang keluarga minimalis di rumahmu semakin dekat di hati. Jika sudah begitu, bersiap-siaplah menghabiskan waktu berjam-jam bahkan hanya untuk sekadar mengomentari hiasan yang ada di sana.

Pilih Warna Dinding yang Hangat

http://jogjainterior.com/
source : Sassy

Rumah minimalis memang lebih merujuk kearah pemakaian warna-warna netral dan bersifat monokrom. Hal ini berlaku pula jika kamu ingin membuat ruang keluarga bertema minimalis. Akan tetapi sebagai catatan, pemilihan warna netral baiknya juga yang menggambarkan kehangatan.

Warna seperti krem ataupun abu-abu akan sangat manis untuk menjadi warna dinding di ruang keluarga minimalismu. Warna-warna tersebut akan membuat suasana terasa hangat dan nyaman. Di samping itu, warna yang tidak mencolok mata nyatanya akan membuat akan lebih fokus pada orang-orang di sekitarmu.

***

Simpel bukan menciptakan ruang keluarga yang hangat di rumah minimalismu? Mulai tata ruang keluargamu sekarang dan makin akrablah dengan seluruh anggota keluargamu! Jika masih bingung untuk menciptakan desain interior yang tepat, meminta bantuan ke Jogja Interior untuk masalah interior rumah khusus ruang keluarga idamanmu pun bisa menjadi solusi yang andal.

Tinggalkan Balasan