Trik Ajaib Hadirkan Ruang Makan Minimalis di Luas Terbatas

Trik Ajaib Hadirkan Ruang Makan Minimalis di Luas Terbatas

Ruang makan dalam rumah minimalis menjadi salah satu ruangan terpenting sebagai tempat berkumpul keluarga. Namun tak jarang di kota-kota besar seperti Yogyakarta, pembuatan ruang makan tersandung ukuran luas ruangan yang sempit. Meskipun demikian, bukan berarti kamu tidak bisa membuat ruang makan minimalis yang terlihat lega.

Ada beberapa trik interior rumah yang mampu menggubah ruangan sempit menjadi ruang makan minimalis yang terlihat lapang. Tidak sulit pula menjalankan trik-trik ajaib untuk mendesain interior ruang makan minimalis di hunianmu karena rata-rata hanya bermain di pemilihan furnitur.

Penasaran trik apa saja yang bisa membuat ruang makan minimalismu yang sempit bisa terlihat lebih lapang? Cek langsung tipsnya di sini ya.

Tempatkan Meja Makan Menempel Dinding

source : pexels

Menempatkan furnitur melekat ke dinding bisa menjadi strategi untuk mengatasi luas ruangan yang terbatas. Untuk ruang makan minimalis, menempatkan meja makan ke dinding juga bisa menjadi cara jitu untuk menciptakan area kosong yan lebih lebar.

Penempatan meja makan menempel ke dinding tidak melulu harus bagian panjang. Menaru bagian lebar ke dinding juga cocok dan bisa menghadirkan kesan rumah minimalis yang lebih kuat. Bagian lebar yang ditempatkan di dinding juga membuat jumlah kursi untuk makan besar bisa lebih banyak.

Hindarkan Penggunaan Meja Bundar

source : na-ssl

Jika ruang makanmu sempit, meja bundar sungguh tidak ideal untuk ditempatkan di sana. Meja berbentuk bundar memakan area lebih besar. Apalagi, meja bundar juga sulit ditempatkan menempel pada dinding.

Untung ruang makan minimalis dengan ruang terbatas, baiknya kamu memilih meja berbentuk persegi panjang atau oval. Model meja demikian membuat kamu lebih mudah mengatur area bebas di sekitarnya.

Gunakan Kursi Tanpa Pegangan Tangan

source : pexels

Pemilihan kursi juga sangat menentukan kesan minimalis dalam ruang makanmu. Umumnya, ruang makan minimalis cenderung menggunakan kursi makan yang simpel tanpa pegangan tangan. Selain kuat dengan kesan minimalis, model kursi ini juga mampu menghadirkan kesan lega untuk ruangan sempit di rumah minimalismu.

Pegangan kursi kesannya sepele dalam memakan ruang. Namun, banyaknyak pegangan kursi dalam sebuah ruang makan dapat menimbulkan ilusi penuh dan sesak. Tidak ingin ruang makanmu terasa demikian?

Pilih Material Transparan

source : hudsonluxury

Adanya material transparan dalam interior rumah bisa membuat ilusi lapang, loh. Untuk ruang makan, kamu bisa menerapkannya dalam pemilihan meja yang menggunakan material transparan. Contohnya kamu bisa menggunakan meja minimalis yang bagian alasnya berbahan kaca atau akrilik.

Material tranparan yang seperti itu membuat jangkauan pandangan mata lebih luas. Alhasil, ruang makan minimalis yang ukurannya sempit bisa terlihat lebih luas. Kamu juga bisa menggunakan material transparan yang lebih ekstrem, misalnya penempatan cermin di sekitaran ruang makanmu.

Usung Warna Netral yang Hangat

source : pexels

Sama seperti ruang-ruang lainnya dalam interior rumah minimalis, warna netral baiknya tetap menjadi dominan dalam pengecatan ruang makan minimalis di hunianmu. Selain untuk mengesankan nuansa minimalis, warna netral mampu membuat ruangan terlihat lebih cerah sehingga tampak lebih lapang.

Ruang makan sendiri merupakan tempal berkumpul keluarga yang diharapkan mampu meningkatkan keakraban antar anggotanya ketika bersantap. Baiknya kamu memilih warna netral yang sifatya hangat. Abu-abu maupun krem dapat menjadi opsi yang relevan dengan karakteristik ruang makan.

Tak Perlu Tempat Penyimpanan

source : pexels

Biarkanlah ruang makanmu benar-benar berfungsi sebagai ruang makan semata, bukan sebagai kamar ataupun ruang untuk tempat penyimpanan berbagai benda. Karena itu, kamu tak perlu menyediakan tempat-tempat penyimpanan di ruang makan minimalismu.

Keberadaan tempat penyimpanan, seperti buffet ataupun nakas hanya akan menyita luas ruangan. Ujung-ujungnya, keberadaan tempat penyimpanan tersebut akan membuat ruang makan minimalismu yang sudah sempit semakin terasa sumpek.

Satukan dengan Ruangan Lain

source : pexels

Kadang-kadang kita harus realistis bahwa luas rumah kita tidak cukup membuat ruangan utama yang terpisah-pisah. Untungnya ketika mengusung konsep minimalis, pemisahan ruangan dengan partisi pun tidak dianjurkan. Kamu pun sebenarnya bisa menyatukan beberapa ruang menjadi satu.

Tidak terkecuali untuk ruang makan, kamu bisa menyatukannya dengan ruang keluarga bahkan dengan dapur. Penyatuan ruangan ini akan membuat luas lahan yang bisa kamu desain lebih besar. Pembuatan interiornya pun menjadi lebih leluasa.

Tidak sulit kan membuat ruang makan minimalis di luas ruangan yang terbatas? Coba praktikkan segera yuk untuk rumah minimalis idamanmu.

Tinggalkan Balasan