Tata Ruang Tamu Minimalis dengan Luas Terbatas

Tata Ruang Tamu Minimalis dengan Luas Terbatas

Ruang tamu menjadi representasi dari sebuah rumah, mengingat ruangan ini berfungsi untuk menerima tiap tamu yang dating ataupun sekadar mengobrol keluarga. Desain interior rumah untuk ruang tamu pun menjadi penting agar ruangan yang satu ini bisa tampil elegan dan nyaman bagi semua orang.

Hanya saja, luas ruangan yang kecil sering kali menjadi kendala dalam menata ruang tamu. Kendala ini sangat mungkin terjadi di rumah-rumah Yogyakarta mengingat lahan perkotaan yang semakin terbatas. Untuk kondisi seperti ini, menata ruang tamu minimalis bisa menjadi opsi bagi kamu.

Ruang tamu minimalis sangat bisa dibangun di luas ruangan yang terbatas. Bahkan dengan ukuran ruang 2×3 meter sampai 3×3 meter, kamu bisa menciptakan ruang tamu bergaya simpel di rumah minimalis milikmu. Berikut adalah beberapa tips ruang tamu minimalis yang bisa ditata di ruangan dengan luas terbatas.

Gunakan Sofa Memanjang

source : pixabay

Sofa atau tempat duduk menjadi furnitur yang banyak menghabiskan ruangan. Pemilihan sofa atau tempat duduk yang tepat pun bisa sangat menentukan lapang atau tidaknya ruang tamu minimalis yang mau kamu buat.

Untuk luas ruangan yang terbatas, baiknya kamu tidak menggunakan model sofa yang berbentuk letter L ataupun terpisah-pisah. Model sofa seperti itu akan membuat ruangan tampak penuh.

Sebaliknya, disarankan kamu memilih sofa memanjang. Peletakannya pun baiknya ditaruh menempel dinding guna membuat luas ruangan tampak lebih lengang di bagian tengah. Apabila memerlukan kursi tambahan, kamu bisa memakai tampak pegangan tangan atau footstool.

Pilih Meja Kopi atau Side Table

source : fabelio

Desain interior rumah untuk ruang tamu minimalis kurang afdal jika tidak ada meja. Apalagi di ruang tamu, sangat mungkin ada penyuguhan camilan atau minuman untuk tamu yang datang. Namun, pemilihan meja untuk ruang tamu minimalis berukuran kecil juga perlu pertimbangan, loh.

Alih-alih mencari meja besar, baiknya kamu menggunakan meja kecil atau meja kopi. Selain fungsional, jenis meja ini juga manis sebagai penghias ruang tamu minimalis di hunianmu. Selain meja kopi berukuran mungil, kamu pun bisa memilih side table untuk diletakkan di sudut ruangan. Ukuran meja kopi dan side table yang relatif mungil akan membuat ruang tamu tampak tidak terlalu padat.

Rak Dinding untuk Penyimpanan

source : pexels

Penyimpanan untuk berbagai benda memang diperlukan di berbagai ruang, tidak terkecuali di ruang tamu. Hanya saja untuk menyiasati keterbatasan ruang, baiknya kamu menghindari rak penyimpanan berukuran besar dan memanjang.

Rak dinding yang menggantung dapat menjadi opsi untuk tempat penyimpanan di interior rumah minimalis. Selain menghemat tempat, rak dinding gantung dapat menguatkan nuansa minimalis di ruang tamu hunianmu. Jika kamu membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih banyak, kamu bisa menggunakan rak dinding vertikal sebagai interior rumah di ruang tamu minimalismu.

Buang Ornamen Tak Perlu

source : pexels

Kadang kala yang membuat ruangan tampak sumpek bukanlah keberadaan furnitur utama. Banyaknya perabot dan ornamen penunjang justru kerap kali menjadi biang dari padatnya kondisi ruang di rumah minimalis, tidak terkecuali di ruang tamu.

Membuang beberapa ornamen yang tidak fungsional di ruang tamu minimalis bisa menjadi penyelamat kondisi ruang tamumu. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa memakai ornamen dekorasi apapun di ruang tamu minimalismu, ya. Kamu bisa memilih sedikit dekorasi yang tidak memakan luas ruang. Sebagai contoh, kamu bisa menambahkan tambahan tanaman hijau di meja tamu. Penambahan tanaman di ruang tamu juga bisa menghadirkan kesan segar di hunianmu.

Siasati dengan Warna

source : pixabay

Ruang tamu minimalis menjadi opsi terbaik untuk membuat ruang tamu nyaman di kota padat seperti Yogyakarta juga dikarenakan kecenderungan warna yang dipakai. Pada interior rumah bergaya minimalis, warna-warna yang dipakai untuk dinding maupun furnitur cenderung senada sehingga tidak memberi kesan pembatasan yang membuat sempit.

Jenis warna yang dipakai pada ruangan minimalis umumnya juga bersifat natural. Warna-warna kalem seperti putih, krem, ataupun abu-abu hangat kerap dikombinasikan untuk menghasilkan ruang minimalis. Percaya atau tidak, penggunaan warna-warna natural tersebut bisa membuat ilusi lebih luas bagi ruangan. Tidak percaya? Kenapa tidak langsung mencobanya?

Kira-kira ruang tamu minimalis di rumahmu sudah menerapkan konsep simpel dan hemat luas ruang seperti di atas belum? Atau justru kamu jadi terinspirasi untuk segera menata interior rumah untuk ruang tamu dengan tips di atas? Coba konsultasikan ke Jogja Interior tidak ada salahnya, loh 😉

Tinggalkan Balasan