Mau Interior Rumah Minimalis? Ini Pertimbangannya

Mau Interior Rumah Minimalis? Ini Pertimbangannya

Mendesain interior rumah memang gampang-gampang sulit. Bisa saja kamu sudah memiliki keinginan suatu desain untuk penataan rumahmu, namun menjadi ragu karena memikirkan kecocokannya dengan kondisi tempat tinggal dan dompetmu. Maklum saja, desain interior rumah yang diinginkan tentu berpengaruh pada ongkos hingga luas ruangan yang dibutuhkan.

Mendesain rumah minimalis mungkin menjadi pilihanmu saat ini. Modelnya yang simpel dan terkesan modern sangat mungkin membuat orang-orang tertarik menyulap huniannya dengan jenis interior yang satu ini. Tapi untuk Yogyakarta sendiri, sebenarnya interior rumah minimalis cocok tidak sih untuk diterapkan?

Daripada semakin bingung memilih desain interior rumah yang cocok untuk tempat tinggalmu, mending coba fokus di gaya rumah minimalis. Soalnya desain minimalis disebut-sebut pas banget untuk rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Pertimbangannya apa saja memang? Cek ulasannnya di sini ya.

Rumah Terlihat Lebih Lapang

source : arsitagx

Konsep desain interior rumah minimalis adalah meminimalkan penggunaan perabot atau furnitur di dalam ruangan. Furnitur-furnitur yang dipakai di rumah minimalis cenderung diseleksi berdasarkan fungsinya. Jika fungsinya krusial, tentulah furnitur tersebut akan ditaruh di ruangan. Namun, furnitur yang sifatnya hanya ornamen atau pelengkap cenderung diabaikan karena menyalahi konsep simpel yang mau dihadirkan.

Seleksi terhadap furnitur membuat ruangan yang ada tidak terlalu disesaki dengan keberadaan barang-barang yang kurang berguna. Alhasil, ruangan akan tampak lebih lapang dan luas. Model penyeleksian furniture untuk membuat rumah terlihat lapang ini pun sangat cocok diterapkan pada rumah-rumah di Yogyakarta yang kini cenderung tidak terlalu luas karena keterbatasan lahan.

Ongkos Lebih Terjangkau

source : pixabay

Mendesain interior rumah memang tidak bisa dibilang murah. Berbagai keperluan untuk membeli furnitur yang dibutuhkan sangat mungkin menguras isi dompet. Salah satu siasat untuk mengurangi ongkos dalam mendesain interior rumah adalah dengan membatasi pembelian furnitur yang kurang fungsional.

Konsep rumah minimalis sangat pas utuk menghemat ongkos dalam mendesain interior hunian. Soalnya dengan gaya minimalis yang cenderung hanya menggunakan furnitur fungsional, kamu bisa menghemat pembelian ornamen-ornamen yang tujuannya hanya untuk menghadirkan kesan arstistik. Cek deh, harga ornamen di Yogyakarta untuk penghias rumah, nyatanya cukup besar loh.

Terlihat Agak Monoton

source : pixabay

Membuat rumah minimalis bukannya tanpa risiko. Desain interior rumah bergaya minimalis biasanya minim hiasan. Warna-warna yang dipakai untuk furnitur utamamu pun biasanya bersifat monokrom. Kalaupun ada permainan warna di furnitur, cenderung tidak telalu banyak. Hal tersebut membuat desain bergaya minimalis menjadi terasa sedikit monoton.

Hanya saja beberapa orang justru menyukai gaya monoton ini karena terkesan simpel dan rapi. Akan tetapi, ada juga orang-orang yang memandang kesan monoton dari rumah minimalis justru membuat rasa bosan. Biasanya, orang-orang yang ekspresif kurang menyukai kesan monoton yang dihadirkan dari interior rumah bergaya minimalis. Kamu sendiri termasuk kelompok yang mana, nih?

Memungkinkan Penggabungan Ruang

source : dekoruma

Rumah minimalis bisa menjadi jawaban buat kamu yang sedang kebingungan mendesain rumah dengan jumlah ruangan terbatas. Sebagai contoh, biasanya di dalam rumah pasti ada ruangan utama berupa ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur. Hanya saja rumahmu saat ini hanya memiliki 3 ruang untuk ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Kondisi seperti ini pun bukan tidak mungkin ditemukan di rumah-rumah eksisting yang ada di Yogyakarta

Dengan interior rumah bergaya minimalis, penggabungan ruang sangat mungkin diwujudkan. Kamu bisa menggabungakan ruang makan dengan ruang keluarga. Bisa juga menggabungkan ruang lain. Penggabungan ini bisa terjadi karena ruangan tidak terlalu penuh akibat furnitur yang diseleksi secara ketat. Jadi dalam satu ruang yang agak luas, bisa dibuat dua ruang fungsional yang tidak bersekat. Berani mencobanya?

Mudah Merawat dan Membersihkan

source : freepik

Furnitur yang terbatas pada rumah minimalis memberi keuntungan tersendiri loh. Dengan jumlah furnitur yang tidak terlalu banyak dan minim dekorasi tambahan, jumlah perabot yang mesti kamu bersihkan dan rawat juga tidak akan menumpuk.

Desain interior rumah bergaya minimalis secara nyata akan membuatmu lebih mudah dalam melakukan perawatan dan pembersihannya. Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan rumah dengan desain minimalis juga cenderung lebih singkat dibandingkan dengan rumah-rumah yang memiliki banyak perabot dan ornamen penunjang.

Menimbang-nimbang untuk mendesain rumah tidak akan membuatmu menyesal. Dengan pertimbangan yang matang, interior rumah impianmu tidak akan membuatmu kerepotan di kemudian hari. Jadi, kamu sendiri cocok tidak dengan interior rumah minimalis untuk tempat tinggalmu?

Tinggalkan Balasan